Langsung ke konten utama

Pembuatan Local Host dengan menggunakan XAMPP

Pembuatan Local Host dengan menggunakan XAMPP
1.    Instalasi XAMPP dan APACHE server
2.    Instalasi CMS Drupal pada localhost

A.    Instalasi XAMPP dan APACHE server
1. Download softawre XAMPP dari http://www.apachefriends.org/en/xampp.html, ada berbagai pilihan antara lain xampp for windows, xampp for linux. Karena saya memakai windows maka pilih saja xampp for windows.
2. Setelah mendapat file hasil download tadi maka jalankan file xampp tersebut dengan double klik seperti instalasi program pada umumnya.
3. Pilih folder instalasi, secara default adalah C ( biarkan saja ) , langsung saja klik install, maka proses extract dan install akan berjalan sendiri, seperti proses gambar dibawah ini :




4. Dalam proses instalasi xampp ini nanti otomatis akan masuk ke DOS Prompt, dan apabila ada pertanyaan Y or N pilih saja Y (YES), lalu ENTER.



5. Proses instalasi xampp ini kurang lebih memakan waktu sekitar 10 menit.
6. Setelah proses install xampp selesai maka coba saja buka folder C:\ , maka di sana sudah muncul folder xampp.
7. DONE. Proses install xampp pun selesai.
8. Untuk Mengakses Local host pada browser,,buka XAMPP Control Panel, lalu aktifkan service apache,dan klik start.



9. Setelah service apache dalam kondisi running,maka localhost pun dapat di akses dari browser dengan mengetik di alamat browser “localhost” atau “127.0.0.1” dan akan langsung di direct ke halaman XAMPP




B.    Instalasi CMS Drupal pada localhost
a. Download software CMS Drupal dari http://drupal.org dalam bentuk zip;
b. Extract hasil download tersebut, dan tempatkan semua file di folder baru sebagai root website di C:/Xampp/htdocs/drupal
c. Sebelum memulai proses instalasi, terlebih dahulu kita harus membuat database untuk drupal di phpmyadmin yg ada di XAMPP dgn mengakses localhost/phpmyadmin.


d. Buat database drupal,klik pada database,lalu ketik nama database yang akan dibuat,lalu klik create. 



e. Setelah database telah berhasil dibuat,selanjutnya kita akan membuat hak akses atau “user privilages” untuk database tersebut.Klik pada tab privilages,pilih add a new user,lalu isikan username dan password serta host untuk user tersebut.
 Dalam contoh ini :
   Username : drupal
   Password : drupal
   Host : Localhost


Setelah itu cek list semua global privilages untuk user agar mendapat hak akses penuh terhadap database.
Lalu klik create user.



 
f. Setelah database dan user dibuat, barulah instalasi drupal dimulai. Ketik pada halaman browser localhost/(folder drupal yg ada di htdocs). Dalam contoh ini localhost/drupal.


Pada set up database,isikan database dan user serta password yang telah kita buat tadi.


Isikan nama situs,email address dari website yg kita buat,username untuk admin,dll.
Dan website drupal pun telah selesai dibuat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulang tahun Albert Einstein

Albert Einstein, 14 Maret 1879 Hari ini tanggal 14 Maret, adalah tanggal lahir dari seorang ilmuwan fisika teoretis yang bernama Albert Einstein. Beliau lahir di Ulm di Württemberg, Jerman, sekitar 100 km sebelah timur Stuttgart. Bapaknya bernama Hermann Einstein, seorang penjual ranjang bulu yang kemudian menjalani pekerjaan elektrokimia, dan ibunya bernama Pauline. Mereka menikah di Stuttgart-Bad Cannstatt. Beliau mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis".

ARISTOTELES : Pelopor Penyelidikan Logika

ARISTOTELES 384 SM-322 SM Nyaris tak terbantahkan, Aristoteles seorang filosof dan ilmuwan terbesar dalam dunia masa lampau. Dia memelopori penyelidikan ihwal logika, memperkaya hampir tiap cabang falsafah dan memberi sumbangsih tak terperikan besarnya terhadap ilmu pengetahuan. Banyak ide-ide Aristoteles kini sudah ketinggalan jaman. Tetapi yang paling penting dari apa yang pernah dilakukan Aristoteles adalah pendekatan rasional yang senantiasa melandasi karyanya. Tercermin dalam tulisan-tulisan Aristoteles sikapnya bahwa tiap segi kehidupan manusia atau masyarakat selalu terbuka untuk obyek pemikiran dan analisa.

Blogger : Membuat Text menjadi glow

text dengan efek glow Membuat text seperti ini sedikitnulis.blogspot.com